Selasa, 07 Juni 2011

GMHD PROFILE

Om swastiastu

Berikut akan kita bahas beberapa profil organisasi yang berkedudukan dipura Bhakti Widhi.

Generasi Muda Mudi Hindu Dharma ( GMHD )
Merupakan salah satu tulang punggung pelaksanaan operasional Pura Bhakti Widhi, dalam setiap agenda kegiatan yang dilaksanakan di pura ini, GMHD menjadi penggerak utama bersama dengan jajaran penyungsung pure dan umat tentunya.

Jenis kegiatan yang dikerjakan oleh GMHD sangat banyak mulai dari rapat koordinasi rutin, arisan, karawitan, dan jathilan, juga melakukan tirtayatra secara berkala. Organisasi yang sudah berdiri dari generasi ke generasi ini berorientasi pada pembinaan generasi muda dan pengembangan Agama. Dalam fungsinya melakukan pembinaan terhadap generasi muda organisasi ini bekerjasama dengan Yayasan Widya Shanty yang juga berkedudukan dipura Bhakti Widhi ini melakukan kegiatan pendidikan (pasraman ) secara rutin setiap hari minggu. Selain itu organisasi ini juga memberikan pembinaan cara berorganisasi dan bersosialisasi dalam arti luas.

Organisasi yang memiliki kurang lebih 50 anggota rutin ini telah berdiri puluhan tahun yang lalu dan sudah banyak menghasilkan kader kader yang sudah merantau dan tersebar diseluruh Indonesia, didaerah jabodetabek para kader GMHD ini mendirikan organisasi atau perkumpulan baru sebagai wadah pemersatu Seluruh umat didaerah jabodetabek, yang diberi nama “ PHB “ Paguyuban umat Hindu Bendo. Dalam setiap acara besar pura Bhakti Widhi PHB juga berperan aktiv dalam kegiatan, meskipun tidak bisa terjun langsung, Sokongan dan dukungan yang diberikan bisa dibilang cukup besar.

Pada hari-hari biasa kegiatan GMHD bisa dibilang lumayan padat meskipun bisa dibilang itu merupakan rutinitas yang sekaligus kewajiban yang harus mereka jalankan. Yang pasti dan rutin misalnya, persembahyangan purnama dan tilem, tanpa dikomando lagi para pemuda sudah selalu siap mempersiapkan semua keperluan persembahyangan, belum lagi kalau misalnya ada umat yang meninggal mereka selalu siap menjalankan tugas mereka mempersiapkan persembahnyangan. Itu baru sedikit dari rutinitas pemuda yang dikerjakan secara rutin. Dan agenda kegiatan akan menjadi sangat padat ketika menjelang hari raya Nyepi, karena banyak sekali kegiatan yang dilakukan menyongsong hari raya.

Meski mengalami pasang surut keaktivan namun sampai sekarang organisasi ini masih tetap eksis, dan masih tetap bisa menjalankan agenda kerjanya sampai sekarang.

Masih banyak lagi seluk beluk tentang GMHD dan juga beberapa organisasi lain yang berkedudukan dipura Bhakti Widhi. Di posting mendatang akan kita bahas lagi lebih detail mengenai detail dari beberapa organisasi dan yayasan yang berkedudukan dipura Bhakti Widhi.
Untuk rekan-rekan umat sedharma yang mempunyai data dan berita seputar pura Bhakti Widhi bisa dikirim via email ke purabhaktiwidhi.onthenet@gmail.com.

Om shanty shanty shanty om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar