Rabu, 29 Juni 2011

GMHD PROFILE-2

Dari website KMHDI ternyata saya mendapati bahwa pada era 1960an telah berdiri organisasi kepemudaan hindu yang bernama GMHD Gerakan Mahasiswa Hindu Dharma, yang kemudian bersama dengan Gerakan Siswa Hindu Dharma turut berpolitik di era orde lama.
Namun GMHD yang kita bahas dalam posting sebelumnya bukanlah organisasi sebesar dan seeksis yang dipaparkan dalam websitenya KMHDI tersebut, organisasi ini murni organisasi kepemudaan yang fungsi utamanya menyokong operasional Pura Bhakti Widhi.
Memperkenalkan cara-cara berorganisasi dan mental bersosialisasi dengan masyarakat itu yang fokus kita tanamkan dalam setiap anggota, yang kebanyakan adalah remaja-remaja usia 16 s.d 27 tahun ini. karena pada usia-usia ini adalah masa-masa rentan remaja terhadap pengaruh dunia luar yang bisa membuat pergaulan mereka terjerumus kedalam hal-hal yang kurang baik. maka dari itu daripada terjadi hal seperti itu, kita siasati dengan sedini mungkin menumbuhkan rasa tanggungjawab pada diri mereka melalui jalan berorganisasi ini. Selain untuk kepentingan operasional kegiatan-kegiatan dipura Bhakti Widhi keberadaan organisasi ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kekompakan dan rasa saling memiliki terhadap teman dan saudara sedharmanya, dan yang paling penting adalah rasa memiliki terhadap organisasi, Pura yang mereka sungsung, dan Agamanya. dengan begitu akan muncul generasi-generasi muda yang bertanggung jawab dan mampu mengembangkan diri mereka sendiri dan agamanya kelak dimasa mendatang. Dan ujungnya angka pemuda Hindu yang berpindah keyakinan karena kurangnya keyakinan terhadap agamanya bisa terus ditekan.
Sifat dasar yang ingin dibangun dalam diri setiap anggota GMHD adalah sikap mental pemberani dan mampu memunculkan semua potensi diri yang dimiliki semaksimal mungkin. Berani tampil didepan umum, mampu mengemukakan pendapat dan mempertahankan prinsip yang dibangun. mungkin terdengar sepele namun ternyata susah untuk diwujudkan, dan apabila semua itu terwujud dalam diri setiap anggotanya diharapkan kelak mampu membawa perkembangan bagi agama dan umatnya, karena kalau bukan kita yang memperjuangkanya siapa lagi.
Fakta membuktikan bahwa hampir 90% pemuda pemudi Hindu yang pindah keyakinan lebih banyak dipengaruhi oleh ketidakpahaman yang mendalam tentang agamanya sehingga ada godaan sedikit mereka akan tergoyahkan dan tidak bisa mempertahankan prinsip keyakinan yang sebelumnya mereka anut. Banyak hal yang membuat generasi muda Hindu pindah agama kalau kita rinci satu persatu akan panjang sekali pembahasannya. Untuk itu pembekalan terhadap pengetahuan dan pemahaman tentang agama harus terus kita tingkatkan,.


IANT DISEBUAH BINTANG KECIL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar